Sehat Langsing dan Turun Berat Badan > (7)Tujuh Kesalahan Dalam Berdiet
 
 

 
 
 
 

(7)Tujuh Kesalahan Dalam Berdiet

 

Kesalahan dalam Diet
 
Diet seharusnya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga bisa dijalani dengan senang hati tanpa merasa tertekan. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Banyak orang salah dalam menjalankan diet.
 
Ada 7 kesalahan dalam menjalankan diet :
 
1.Menahan lapar
Banyak orang rela menahan lapar demi menurunkan berat badan. Mereka berpikir dengan cara tidak makan maka berat badan mereka menjadi turun. Padahal, menahan lapar membuat metabolisme tubuh menurun sehingga memperlambat pembakaran lemak. Lapar merupakan pertanda bahwa perut kita dalam keadaan kosong dan gula darah sudah menipis, padahal otak sangat membutuhkannya.
Yang seharusnya dilakukan adalah makan 5 – 6 kali sehari dengan pola 3 kali makan normal dan 3 kali makan snack disela makan normal supaya metabolism tubuh tetap tinggi.
 
2.Melewatkan sarapan
Sarapan sering dipandang remeh sehingga banyak orang yang melewatkannya begitu saja. Padahal sarapan sangat penting untuk tubuh kita yang akan beraktivitas sepanjang hari. Melewatkan sarapan membuat tubuh katabolik yaitu berusaha mengambil energy dengan cara mengambilnya dari otot-otot kita.
 
3.Tidak makan malam
Selain sarapan, makan malam juga menjadi aktivitas yang dihindari oleh meeka yang sedang diet. Malam hari kita tidak butuh banyak karbohidat karena aktivitas kita tidak tinggi tapi kita tetap butuh protein karena saat tidur hormon pertumbuhan akan bekerja, tubuh akan memperbaiki semua sel-sel yang rusak. Bahan baku utama untuk perbaikan sel adalah protein.
 
4.Tidak makan setelah berolahraga
Tidak makan sama sekali setelah berolah raga karena kuatir lemak yang sudah habis dibakar saat berolahraga akan kembali lagi. Tiga puluh menit setelah olahraga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan karena saat itu perut dalam keadaan kosong sehingga bisa bekerja maksimal menyerap vitamin yang terdapat dalam buah. Dua jam setelah olahraga barulah mengkonsumsi makanan berat.
 
5.Takut minum banyak air
Air sering kali juga dihindari ketika diet karena dianggap air juga menambah berat badan kita, padahal 70% dari tubuh ktia terdiri dari air. Maka ketika tubuh kekurangan air yang terjadi justru tubuh akan menahan lebih banyak air sehingga menambah berat badan. Kurang minum membuat metabolisme tubuh terganggu. Konsumsi minimal 2 liter air sehari sekalipun sedang diet.
 
6.Crash diet
Crash siet adalah cara berdiet dengan menghilangka salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya no carbs, no fat. Diet semacam ini membuat keseimbangan tubuh menjadi tidak baik dan membahayakan kesehatan. Lemak membantu penyerapann vitamin ke dalam tubuh, ketika kita melakukan diet no fat maka peneyerapan vitamin ke dalam tubuh akan terganggu. Karbohidrat adalah sumber energy didalam tubuh ketika kita tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali maka tubuh akan kekurangan energy padahal otak perlu karbohidrat untuk dapat bekerja demikian juga dengan anggota tubuh yang lain.
 
7.Menerapkan Cheat Day
Ada sebagian orang yang melakukan diet dari hari senin hingga sabtu, sedangkan hari minggu mereka libur diet, boleh makan apa saja. Hal ini membuat otak menjadi kacau dan menganggap enam hari sebelumnya adalah masa penyiksaan. Akibatnya kita akan merasa berat dan tertekan untuk menjalani diet pada keesokan harinya. Jadikan diet sebagai gaya hidup. Belajar untuk membuat diet menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dillakukan bukan karena terpaksa.
 
 
Sumber Artikel:Buku Rahasia Diet karya Denny santoso,S.Kom.,SAC.DIP.,CSN
 

 

 
 
 

Herbalife Indonesia|Langsing|Cara Diet |Turun Berat Badan
 
 
 
 
Pilihan Bahasa