Sehat Langsing dan Turun Berat Badan > Cara Diet Sehat  > Kolesterol Tinggi
 
 

 
 
 
 

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah bagi jantung dan metabolisme Anda. Apabila Anda telah didiagnosa memiliki kolesterol tinggi, maka ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk menghindari kelebihan kolesterol di dalam menu diet Anda.

Kemungkinannya jika Anda telah didiagnosa memiliki kolesterol tinggi, dokter akan prihatin tentang kesehatan Anda. Ada tiga jenis kolesterol di dalam tubuh : LDL(Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein) dan Trigliserida. Idealnya, Anda akan menginginkan jumlah angka keseluruhan kolesterol Anda di bawah 150. Tingginya kadar LDL dan trigliserida dapat berkontribusi pada penyakit jantung, risiko stroke, dan bahkan diabetes.

Pada penderita kolesterol tinggi, LDL dan/atau trigliserida akan bernilai terlalu tinggi untuk bisa dikatakan aman. Plak LDL akan lengket. Mereka menempel di dinding pembuluh darah, menyempitkan saluran pembuluh darah. Darah akan berada dalam tekanan tinggi untuk dapat melewati pembuluh darah tersebut dan memasok oksigen bagi tubuh. Plak ini dapat terlepas dan menumpuk di area lain dari tubuh menciptakan embolism/sumbatan yang berbahaya. Trombosis juga dapat menghentikan darah untuk mengalir ke organ-organ tubuh dan ini dapat sangat menyakitkan.

Tetapi, Anda dapat mengontrol kolesterol Anda dengan diet dan obat-obatan. Bahkan dengan menggunakan obat-obatan, jika angka-angka kolesterol Anda masih saja tinggi, ini mungkin disebabkan oleh menu diet Anda. Berikut adalah beberapa tips dalam hal konsumsi dan belanja yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol.

Baca labelnya

Kebanyakan dari kita percaya bila tertulis pada label low fat, berarti ini rendah lemak. Namun, lihatlah komposisi lemak yang masih terkandung di dalamnya. Tingginya kadar lemak jenuh (saturated fat) tidak akan baik bagi tubuh. Kita sudah terlalu banyak mendapatkannya dari makanan cepat saji.

Juga lihatlah ukuran porsinya. Jika Anda memakan lima jenis cemilan dan memperoleh delapan gram lemak, maka persentase lemak terhadap kalori Anda terlalu tinggi untuk layak mengkonsumsi makanan tersebut. Lihatlah jumlah kolesterolnya. Kita sering melewatkan hal ini karena sebagian besar makanan hanya mengandung sedikit atau tidak sama sekali. Namun, beberapa makanan memiliki kandungan kolesterol per porsinya sehingga perlu diawasi.

Hindari protein hewani

Sementara produk hewani adalah salah satu sumber protein yang terbaik, mereka bukanlah satu-satunya sumber protein. Pilih unggas kurus atau makanan laut yang tinggi akan lemak sehat. Ada banyak lemak jenuh dalam daging merah, ayam dengan kulit dan lemak babi.

Hindari susu

Susu mengandung lemak susu. Susu skim adalah ideal untuk diminum karena tidak mengandung lemak susu di dalamnya. Tetapi, jika Anda ingin meminum susu, bahkan susu yang dikurangi lemaknya masih lebih baik dibandingkan yang tidak.

Produk olahan susu

Mentega mungkin baik-baik saja dipakai untuk memasak atau menumis makanan, tetapi tidak sebagai bahan makanan utama. Ini termasuk juga es krim, krim kental, dan keju krim.

Ada juga makanan yang mungkin tidak mengandung kadar kolesterol tinggi, namun dapat meningkatkan kolesterol LDL. Makanan jenis ini tinggi akan lemak jenuh dan lemak trans dan paling baik jika ditinggalkan begitu saja.

Apakah Anda berusaha untuk menurunkan kolesterol ? Bacalah label makanannya untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Kemudian, pilih makanan segar dan daging dengan hati-hati untuk menghindari penambahan kolesterol lebih banyak lagi pada menu diet Anda.

sumber: doktermu.com
 
 
 
 

Herbalife Indonesia|Langsing|Cara Diet |Turun Berat Badan
 
 
 
 
Pilihan Bahasa